RSS

4 kebaikan yang akan lebih baik jika dilakukan oleh orang2 tertentu

21 Mar

hanya bermaksud untuk berbagi ilmu yang saya dapat dari ceramah terawih oleh bapak Abdur Rahman. enteng tapi mengena adalah ciri khas dari ceramah beliau. karena ceramahnya berbahasa krama jawa, maka hanya inilah secuil cuplikan yang saya dapat dan sudah terdapat modifikasi sekedarnya.

ada 4 (empat) kebaikan yang diajarkan oleh Islam dalam hablum minallah dan hablum minannas, namun jika empat hal ini dilakukan oleh orang2 tertentu akan lebih baik. empat hal tersebut adalah:

1. malu. malu adalah sebagian dari iman. semua orang memiliki hati dan pikiran untuk menyaring perilakunya apakan pantas dipandang atau tidak. malu yang dilakukan oleh orang laki-laki akan lebih baik jika dilakukan oleh seorang perempuan.ukuran malu dalam hal ini adalah ukuran malu kepada Allah. jika seseorang tidak lagi malu kepada Allah, maka sudah pasti dia tidak malu pada lingkungannya.

2. adil. semua orang harus bisa berbuat adil. tapi lebih baik adilnya seorang pemimpin karena seorang pemimpin mempunyai tanggung jawab lebih dari sekedar tanggungjwab kepada diri dan keluarganya.

3. taubat. taubat seorang pemuda lebih baik dari taubatnya orang tua. orang tua bertaubat sudah biasa karena masa tua adalah masa rawan memiliki waktu di dunia. dalam bahasa guyonan “wes ambu lemah ate pola2”. tapi kalau masih muda sudah taubat, tentu menjadi hal yang sangat luar biasa.

4. shodaqoh. orang kaya shodaqoh memang sudah menjadi suatu kewajiban. tapi kalau orang fakir shodaqoh, maka dia termasuk orang yang sukses menjalankan dan memanajeman antara kebutuhan dunianya dan kebutuhan akhiratnya. fakir harta, kaya muamalah.

nb: tulisan ini dibuat dengan maksud hanya ingin berbagi pengetahuan dan saling mengingatkan (innaka anta mudzakkir). jadi maaf kalau perilaku penulis tidak sesuai dengan tulisan yang ada.

 
Leave a comment

Posted by on March 21, 2011 in Religious

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: