RSS

MEMBUAT DATABASE MYSQL BERBASIS GUI (GRAPHIC USER INTERFACE) DENGAN PHPMYADMIN

15 Jan

mysql1Pada tutorial ini saya akan mengajak anda untuk membuat database dengan menggunakan fasilitas GUI yang diberikan oleh Appserv untuk mengelola database MySql, yakni phpmyadmin. sebelum kita beranjak lebih jauh, ada baiknya anda membaca tutorial berikut tentang phpmyadmin dan pengenalannya.

berikut adalah langkah-langkah pembuatan database:

Membuat database

  1. Untuk membuat database, pastikan anda berada di halaman home. Di area sebelah kanan silahkan masukkan nama database di kolom create new database dan tekan tombol create. Perlu diperhatikan bahwa nama database, tabel maupun kolom tidak boleh menggunakan spasi. Direkomendasikan menggunakan garis bawah/underscore untuk memsisahkan lebih dari satu kata. Contoh: db_sekolah.
  2. Secara otomatis database telah tersimpan. Anda dapat mencarinya dengan menekan list menu Database di area sebelah kiri.

Membuat tabel

  1. Untuk membuat tabel aktifkan terlebih dahulu database yang anda buat, yakni db_sekolah dengan menekan list menu Database dan click nama database db_sekolah.
  2. Di area sebelah kanan terdapat kolom name dan kolom number of field. Kolom name berfungsi untuk memasukkan nama tabel yang akan kita buat dan number of field berfungsi untuk memasukkan jumlah kolom dari tabel tersebut. Contoh, silahkan anda masukkan master_siswa di kolom name dan angka 5 di kolom number of field lalu tekan Go.
  3. Anda akan diberikan tampilan untuk memasukkan nama kolom dari tabel yang anda akan buat beserta atribut-atribut yang dimilikinya. Umumnya yang perlu diisi adalah, Field, Type, Length/Value, Null dan Primary Key.
    • Field = nama dari kolom
    • Type = jenis atau tipe data yang digunakan.
    • Length/Value = panjang data yang diperlukan
    • Null = menunjukkan boleh atau tidaknya kolom tersebut bernilai kosong (tidak diisi)
    • Primary Key = atribut kunci yang hanya boleh ada satu dalam satu tabel
  4. Masukkan nama kolom beserta atributnya seperti gambar berikut:Perhatikan kasus Length pada tanggallahir dan juga jeniskelamin. Kolom tanggallahir tidak diberi nilai karena tipe data yang digunakan adalah date. Date merupakan tipe data yang memiliki format nilai paten, yakni YYYY-MM-DD. Dan kolom jeniskelamin bernilai enum dengan Length bernilai ‘Laki-Laki’,’Perempuan’ (dengan tanda petik). Yang berarti nilai pada kolom tersebut hanya boleh diisi Laki-Laki atau Perempuan saja.
  5. Tekan Save untuk menyimpan tabel. Atau jika anda menambahkan kolom, anda bisa memasukkan jumlah kolom tambahan di kolom add dan tekan Go sebelum anda menekan tombol Save.
  6. Tabel telah tersimpan. Untuk melihat struktur tabel, pada area sebelah kiri, click nama database dan akan muncul di bawahnya nama tabel yang ada dalam database tersebut kemudian click pada nama tabel.

Insya Allah cukup sekian untuk tulisan saya yang satu ini. Jika ada kritik atau saran, mohon tinggalkan comment. Terima kasih.

About these ads
 
Comments Off

Posted by on January 15, 2013 in Tutorials

 

Tags: , , , ,

Comments are closed.

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: